Upaya Peningkatan Hasil Belajar matematika pada Materi Segiempat Melalui Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) di Kelas VII SMP N 2 Tanjung Jabung Timur Tahun Ajaran 2021/2022
Print Friendly and PDF
-->

CETAK BERITA

Print Friendly and PDF

Translate

Upaya Peningkatan Hasil Belajar matematika pada Materi Segiempat Melalui Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) di Kelas VII SMP N 2 Tanjung Jabung Timur Tahun Ajaran 2021/2022

Senin, 01 Mei 2023,

 


ABSTRAK

 

Herny 2022, Upaya Peningkatan Hasil Belajar matematika pada Materi Segiempat Melalui Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) di Kelas VII SMP N 2 Tanjung Jabung Timur Tahun Ajaran 2021/2022

Kata Kunci : Hasil Belajar dan Teams Games Tournament (TGT).

Penelitian ini bertitik tolak dari munculnya permasalahan yang dialami langsung oleh penulis pada saat pembelajaran, yaitu rendahnya hasil belajar  pelajaran Matematika.Untuk mengatasi maka perlu usaha peningkatan dengan memberikan variasi model pembelajaran yang bersifat Cooperative learning yang menarik atau menyenangkan,yang melibatkan siswa,yang dapat meningkatkan aktivitas dan tanggung jawab siswa.

Peneltian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada materi Segiempat kelas VII SMP N 2Tanjung Jabung Timur melalui model pembelajaran Teams Games Tournament ( TGT ).Data diperoleh dengan angket dan evaluasi, kemudian di analisis.Penelitian ini terdiri dari 3 siklus yang dilakukan dari tanggal 4  April  sampai dengan  10 juni  2022 di SMP N Tanjung Jabung Timur dengan jumlah siswa 22 orang yakni 11 laki-laki dan 11 perempuan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan model pembelajaran Teams Games Tournament dapat meningkatkan hasil belajar siswa.Hal ini terbukti dari peningkatan hasil evaluasi siswa dari setiap siklus.Pada siklus I siswa mempunyai hasil belajar dengan persentase ketuntasan kelas 75%. Pada siklus II hasil belajar siswa meningkat dengan persentase ketuntasan kelas mencapai 79 %. Pada siklus III ketuntasan kelas mencapai 86%.

Hipotesis penelitian yang menyatakan bahwa “ Jika Model Pembelajaran Teams Games Tournament di gunakan dalam pembelajaran, maka hasil belajar matematika meningkat”, dapat diterima.

Penelitian ini juga memberikan rekomendasi kepada para guru agar semakin aktif dan kreatif dalam memilih model pembelaaran dalam kegiatan belajar mengajar agar dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Kepada Kepala Sekolah hendaknya dapat mengambil kebijakan tentang perlunya melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bagi setiap guru, agar motivasi belajar siswa juga semakin meningkat.

PENDAHULUAN

Latar  Belakang  Masalah

Matematika  bagi  sebagian  besar  siswa  adalah  mata  pelajaran  yang  tidak  disukai  .  Hasil  survei  sederhana  yang  dilakukan  peneliti  setiap  awal  tahun,  jika  ada  pertanyaan  mata  pelajaran  apa  yang  disukai  siswa,  maka  jawabannya  hampir  90  %  siswa  menjawab  selain  mata  pelajaran  matematika.  Sebaliknya  jika  ditanya  mata  pelajaran  apa  yang  tidak  disukai,  maka  hampir  75  %  menjawab  matematika.

Celakanya  fakta  ini  berlanjut  sampai  ditingkat  pendidikan  dan  proses  kegiatan  belajar  mengajar.  Hal  ini  ditunjukkan  oleh  sikap  siswa  yang  sebagian  besar  kurang  antusias  ketika  pelajaran  akan  berlangsung,  rendahnya  respon  umpan  balik  dari  siswa  terhadap  pertanyaan  dan  penjelasan  guru  serta  pemusatan  perhatian  terhadap  pelajaran  yang  kurang,  sebagian  besar  siswa  pasif,  mereka  tidak  berani  berbicara  tentang  apa  yang  sudah  dan  belum  diketahui,  konsep-konsep  mereka  benar  atau  salah  sulit  diketahui  guru,  meskipun  guru  telah  berusaha  menjelaskan  materi  dengan  semaksimal  mungkin.

Berbagai  macam  cara  digunakan  baik  oleh  sekolah  maupun  guru-guru  dengan  harapan  dapat  meningkatkan  prestasi  belajar  matematika.  Usaha-usaha  tersebut  antara  lain  dengan  jam  tambahan  kelas  IX,  materi  pengayaan  kelas  VII  dan  VIII  ,Namun  demikian  ternyata  hasilnya  belum  optimal,  ini  ditunjukan  dengan  ketuntasan  belajar  yang  masih  rendah. 

 

Banyak  model  pembelajaran  yang  dapat  diterapkan  dalam  proses  belajar  mengajar.  Salah  satunya  adalah  model  pembelajaran  dengan  tipe  Teams  Games  Tournament  atau  biasa  disingkat  TGT.  Dalam  TGT  siswa  melakukan  permainan-permainan  dengan  anggota-anggota  tim  lain  untuk  memperoleh  skor  bagi  tim  mereka  masing-masing.  Dengan  suasana  permainan  dalam  pembelajaran  maka  diharapkan  akan  menarik  dan  menimbulkan  efek  rekreaktif    dalam  belajar  siswa.  Aktivitas  belajar  dengan  permainan  yang  dirancang  dalam  model  pembelajaran  Cooperative  Learning  dengan  tipe  TGT  memungkinkan  siswa  dapat  belajar  lebih  rileks  disamping  menumbuhkan  tanggung  jawab,  kerjasama,  persaingan  sehat  dan  keterlibatan  belajar.

Berdasarkan  uraian  di  atas,  upaya  meningkatkan  hasil    belajar  siswa  pada  kelas  VII  SMP  N  2  Tanjung  Jabung  Timur  akan  dilakukan  penelitian  yang  berjudul  “Upaya  Peningkatan  Hasil  Belajar  Matematika  pada  Materi  Segiempat  Melalui  Model  Pembelajaran  Teams  Games  Tournament  (TGT)  di  Kelas  VII  SMP  N  2  Tanjung  Jabung  Timur  Tahun  Ajaran  2021/2022”.

Identifikasi  Masalah

Berdasarkan  latar  belakang  masalah  di  atas,  selanjutnya  masalah  dalam  penelitian  ini  diidentifikasi  sebagai  berikut.

1.Apakah  dengan  menerapkan  model  Pembelajaran  TGT  dapat      meningkatkan       

Hasil  belajar  Matemetika  siswa  SMP  N  2  Tanjung  Jabung  Timur  ?

2..Bagaimanakah  tanggapan  siswa  terhadap  pelaksanaan  Model  pembelajaran 

TGT? 

 

 Rumusan  Masalah

                Berdasarkan  latar  belakang,  identifikasi,  dan  pembatasan  masalah  di  atas,  rumusan  masalah  dalam  penelitian  tindakan  kelas  ini  adalah  sebagai  berikut.

                Apakah  dengan  menerapkan    model  PembelajaranTeams  Games  Tournament  (TGT)  dapat  meningkatkan  Hasil  Belajar  Siswa  SMP  N  2  Tanjung  Jabung  Timur  ?

     Tujuan  Penelitian

                Tujuan  yang  ingin  dicapai  dalam  penelitian  ini  adalah:

1.Meningkatkan  Hasil  belajar  matematika  siswa  SMP  N  2  Tanjung  Jabung Timur  melalui  model pembelajaran  kooperatif  dengan  tipe  Teams  Geams  Tournament  (  TGT  ).   

                3.Mendeskripsikan  tanggapan  siswa  terhadap  pelaksanaan  model  pembelajaran 

                            kooperatif  dengan  tipe  Teams  Games  Tournament  (TGT).

      Manfaat  Penelitian

Manfaat  yang  diharapkan  dari  penelitian  ini  adalah:

1.Bagi  siswa

a.  Dalam  proses  pembelajaran  siswa  lebih  tertarik  dan  lebih  menyenangkan.

b.Membuat  siswa  lebih  terlibat  dalam  proses  pembelajaran  dan  aktivitas  siswa  lebih  meningkat.

c.Melatih  siswa  lebih  kreatif  dan  inovatif  dalam  pembelajaran.

2.Bagi  guru 

a. Dapat  memberi  sumbangan  untuk  meningkatkan  kualitas  pembelajaran  matematika.

                      b.  Sebagai  informasi  bagi  guru-guru  matematika,  khususnya  guru  matematika  sekolah  menengah  pertama  mengenai  pembelajaran  dengan  menggunakan  model  pembelajaran  cooperative  learning  dengan  tipe  Teams  Games  Tournament  (TGT).

3.Bagi  sekolah                                           

Diharapkan  dapat  memberikan  kontribusi  dalam  meningkatkan  kualitas  sekolah,  khususnya  mata  pelajaran  matematika

 

METODE    PENELITIAN

      Waktu  dan  Tempat  Penelitian

Penelitian  tindakan  kelas  ini  dilaksanakan  dari  tanggal  18  Oktober  2017  sampai  dengan  09Desember  2017  di  kelas    VII    semester  ganjil  pada  mata  pelajaran  Matematika  di  SMP  N  2  Tanjung  Jabung  Timur  tahun  pembelajaran  2021/2022 

Subyek  penelitian  pada  kelas  VII  ini  berjumlah  22  siswa,  terdiri  dari  11  siswa  laki-laki  dan  11  siswa  perempuan.


Desain  Penelitian

Desain  penelitian  ini  menggunakan  model  Kemmis  dan  Taggart  dengan  tahapan  perencanaan,  tindakan,  pengamatan,  serta  refleksi  untuk  setiap  siklus.  Penelitian  ini  dilaksanakan  melalui  tiga  siklus  yang  ditampilkan  pada  gambar  berikut.




Rencana  Tindakan

Penelitian  tindakan  kelas  ini  direncanakan  dalam  3  siklus,  yang  tiap-tiap  siklusnya  mencakup  tahapan  berikut.

1.                        Perencanaan  (Planning)

Perencanaan  tindakan  meliputi  penyusunan  rencana  pembelajaran,  membuat  skenario  pembelajaran  dengan  teknik  Teams  Games  Tournament  (TGT),  membuat  media  permainan  sesuai  dengan  tema  dalam  rencana  pembelajaran  dengan  Teams  Games  Tournament  (TGT)  yang  dilengkapi  dengan  petunjuk  kegiatan  dan  aturan  permainan,  serta  penyusunan  alat-alat  evaluasi  tindakan.

2.     Tindakan  (Acting)

Implementasi  tindakan  atau  pelaksanaan  tindakan  meliputi  :

a  .Pembuatan  kelompok-kelompok  belajar  yang  terdiri  dari  empat  orang  siswa  dengan  kemampuan  heterogen.

b.  Membagi  petunjuk  kegiatan  atau  aturan  permainan  pada  tiap  kelompok 

c.  Siswa  melaksanakan  permainan  sesuai  dengan  petunjuk  kegiatan.

d.  Masing-masing  anggota  berkompetensi  untuk  mendapatkan  nilai.

e. Pengamatan/Observasi  (Observing)

Observasi

pelaksanaan  pembelajaran  dilakukan  secara  kolaboratif  dengan  menggunakan  instrument  monitoring  yang  telah  direncanakan.  Data  tentang  kondisi  pembelajaran  matematika  diperoleh  dari  lembar  observasi  yang  diisi  observer.  Data  tentang  tingkat  kemajuan  motivasi  belajar  matematika  pada  siswa  diperoleh  dari  lembar  angket  yang  diedarkan  setelah  kegiatan  pembelajaran  pada  setiap  siklus  berakhir.  Dan  data  tentang  hasil  belajar  siswa  diperoleh  dari  hasil  evaluasi  yang  berupa  tugas  dan  ulangan  harian.

3.   Refleksi  (Reflecting)

Refleksi  dilakukan  berdasarkan  hasil  wawancara  dengan  siswa,  hasil  lembar  pengamatan  dan  hasil  diskusi  dengan  guru  .  Hasil  refleksi  digunakan  untuk  menentukan  langkah-langkah  tindakan  berikutnya.

 

     Teknik  Pengumpulan  Data

Teknik  pengumpulan  data  dalam  penelitian  ini  adalah:

1.       Observasi  (pengamatan)  yaitu  untuk  mengetahui  situasi  dan  proses  pelaksanaan  kegiatan  belajar  mengajar  yang  berlangsung  di  kelas.

2.       Tes  yaitu  untuk  memperoleh  data  hasil  belajar  siswa.

 

Analisis  Data

  Analisis  data  yang  digunakan  dalam  penelitian  ini  menggunakan  rumus: 



Keterangan  :

P  =  presentase

F  =  frekuensi  yang  sedang  dicari  presentasenya

N  =  jumlah  frekuensi  /  responden

(Sudijono,  2005:40)

      Indikator  Keberhasilan  Penelitian

Penelitian  ini  berhasil  apabila  hasil  tes  dari  setiap  siklus  pembelajaran  siswa  mengalami  peningkatan,begitu  juga  dengan  motivasi  siswa  meningkat  setiap  siklus.hal  ini  dapat  dilihat  dari  angket  motivasi  siswa  dan  hasil  tes  siswa  dari  siklus  I  sampai  siklus  III    pada  lampiran. 

 

HASIL  PENELITIAN  DAN  PEMBAHASAN

Hasil  Penelitian

Hasil  penelitian  dalam  penelitian  tindakan  kelas  ini  dibedakan  dalam  3  kegiatan,  yaitu  (1)  siklus  I,  (2)  siklus  II,  (3)  siklus  III.

Siklus  1

Kegiatan  pembelajaran  pada  siklus  I    dilaksanakan  sebanyak  3  kali  pertemuan  dan  setiap  pertemuan  berlangsung  selama  2jam  pelajaran  (2x40  menit).

a.        Perencanaan  dan  Persiapan  Tindakan

Perencanaan  dan    Persiapan  tindakan  yang  dilakukan  peneliti  meliputi:

1).  Menyusun  Rencana  Pelaksanaan  Pembelajaran  (RPP)  materi  persegi    panjang

2).  Menyiapkan  langkah-langkah  pada  model  pembelajaran  TGT

3).  Menyiapkan  lembar  observasi  pembelajaran

4).  Menyiapkan  LKPD

5).  Menyiapkan  kartu  soal  untuk  tournament

6).  Menyiapkan  Blangko  nilai  pada  setiap  meja  kelompok  dan 

blangko  nilai    kelompok

 

b.     Pelaksanaan  Tindakan

Kegiatan  Pelaksanaan  pembelajaran  pada  siklus  1  ini  dilaksanakan  tiga  kali  pertemuan  dengan  langkah-langkah  yaitu  :

                                1).  Guru  menjelaskan  materi  tentang  persegi  panjang

                                2).  Siswa  membentuk  kelompok  belajar  dan  berdiskusi

                                3).  Permainan  (  Game  Tournamen  )

                                4).  Penghargaan  kepada  kelompok

Pada  tahap  ini,kegiatan  pembelajaran  dimulai  dengan  menjelaskan  materi  mengenai  persegi  panjang  dengan  metode  demonstrasi    dan  Tanya  jawab.  Pada  akhir  penjelasan  guru  memberikan  kesempatan  kepada  siswa  untuk  menanyakan  kembali  materi  yang  kurang  dimengerti  sebelum  kegiatan  diskusi  kelompok  dilaksanakan.

Setelah  pemberian  materi  selesai  dilaksanakan  siswa  dikelompokan  menjadi  5(lima  )  kelompok  dengan  masing-masing  beranggotakan  4  (orang)  siswa  dan  sesuai  dengan  format  pembentukan  kelompok  belajar  siswa  yang  telah  ditentukan  pada  pra  kegiatan.  Kemudian  guru  membagikan  LKPD  materi  persegi  panjang  untuk  didiskusikan  setiap  kelompok.

Setelah  diskusi  kelompok  selesai  maka    dilaksanakanlah  pertandingan  (tournament)  dengan  langkah-langkah  (peraturan)  sebagai  berikut  :

1.       Setiap  anggota  kelompok  memperoleh  penomoran  1,2,3,4,  yang  dipasang  didada    masing-masing.  Penomoran  ini  kemudian  digunakan  untuk  menentukan  anggota  tim  tersebut  bermain  pada  meja  tournament  keberapa.  Misal  pada  kelompok  A,  salah  satu  anggota  yang  bernama  Nanda  diberi  nomor  1  oleh  guru,  ini  berarti  Nanda  akan  bermain    pada  meja  tournament  1,  Zahra  yang  diberi  nomor  2,berarti  akan  bermain  dimeja  tournament  2,demikian  seterusnya.

2.       Kelompok  lain  juga  demikian,  diberi    penomoran  oleh  guru,sehingga  semua  anggota  tim  yang  memperoleh  nomor  2  ,akan  bermain  dimeja  turnamen  memperoleh  nomor  2  dan  seterusnya.

3.       Setiap  meja  turnamen  terdiri  dari  6  orang  yang  merupakan  wakil  dari  kelompoknya  masing-masing.  Dalam  setiap  meja  permainan  diusahakan  agar  tidak  ada  peserta  yang  berasal  dari  kelompok  sama.

4.       Setiap  permainan  dalam  tiap  meja  menentukan  dulu  pembaca  soal,penulis  skor  dan  pemain  yang  pertama  yang  akan  menjawan    soal  dengan  cara  undian.  Kemudian  pemain  yang  menang  undian  mengambil  kartu  undian  yang  berisi  nomor    soal  dan  diberikan  kepada  pembaca    soal.untuk  variasi,soal  dapat  diacak  lebih  dahulu  oleh  pembaca  soal.  Pembaca  soal  akan  membacakan  soal  sesuai  dengan  nomor  undian  yang  diambil  oleh  para  pemain.  Selanjutnya  dikerjakan  secara  mandiri  oleh  pemain  dan  penantang  sesuai  dengan  waktu  yang  telah  ditentukan  dalam  soal.

5.       Setelah  waktu  untuk  mengerjakan  soal  selesai,  maka  pemain  akan  membacakan  hasil  pekerjaanya  yang  akan  ditanggapi  oleh  penantang  searah  jarum  jam.  Setelah  itu  pembaca  soal  akan  membuka  kunci  jawaban  dan  skor  hanya  diberikan  kepada  pemain  yang  menjawab    benar  atau  penantang  yang  pertama  kali  memberikan  jawaban  benar.

6.       Jika  semua    pemain  menjawab  salah  maka  kartu  dibiarkan  saja.  Permainan  dilanjutkan  pada  kartu  soal  berikutnya  sampai  semua  kartu  soal  habis  dibacakan,  dimana  posisi  pemain  diputar  searah  jarum  jam  agar  setiap  peserta  dalam  satu  meja  turnamen  dapat  berperan  sebagai  pembaca  soal,penulis  nilai  ,pemain  dan  penantang.(Disini  permaianan  dapat  dilakukan  berkali-kali  dengan      syarat  bahwa  setiap  peserta  harus  mempunyai  kesempatan  yang  sama  sebagai  pemain,penulis  nilai,penantang  dan  pembaca  soal)

7.       Setelah  semua  kartu  selesai  terjawab  atau  karena  waktu  habis,setiap  pemain  dalam  satu  meja  menghitung  jumlah  kartu  yang  diperoleh  dan  menentukan  berapa  skor  yang  diperoleh  berdasarkan  tabel  yang  telah  disediakan.

8.       Selanjutnya  setiap  pemain  kembali  kepada  kelompok  asalnya.

                Setelah  pertandingan  berakhir  dilakukan  penghitungan  skor  penghargaan  kelompok  dengan    kelompok.  Adapun  penghargaan  kelompok  dengan  criteria  seperti  table  berikut  ini  :

Tabel  2  Kriteria  pengahargaan    Kelompok  :

Nilai  Kelompok

Predikat

30  sampai  40

Tim  cukup

50  sampai  60

Tim  Baik

61  keatas

Tim  Baik  Sekali

 

c.    Pengamatan

        Pelaksanaan  pengamatan  proses    pembelajaran  pada  siklus  ini,  siswa  sebagian  besar  antusias  mengikuti  pembelajaran,  hal  ini  terlihat  dari  banyaknya  siswa  yang  menanggapi  setiap  pertanyaan  yang    diajukan  oleh  guru  mengenai  materi  yang  diajarkan  yaitu  materi  persegi  panjang.  Hal  lain  yang  membuat  siswa  antusias,  dari  pemberitauan  sebelumnya  bahwa  nanti  dalam  pembelajaran  ini  ada  kegiatan  permainan.  Bahkan  sebagian  siswa  bertanya  kepada  peneliti  permainan  bagai  mana  yang  membuat  mereka  penasaran.

        Dalam  diskusi  kelompok  terlihat  kurangnya  kerja  sama  dari  setiap  anggota  kelompok,meskipun  kegiatan  dalam  pertandingan(tournament)  siswa  kelihatan  aktif  dan  antusias  dalam  menjawab  pertanyaan.  Dalam  pertandingan  tersebut  terlihat  tertib,  hal  ini  karena  banyaknya  siswa  yang  kurang  memahami  langkah-langkah  atau  peraturan  pertandingan  sehingga  banyak  siswa  yang  bertanya  kepada  guru  maksud  dari  langkah  yang  mereka  jalankan.

        Hasil  evaluasi  yang  diperoleh  oleh  siswa  setelah  pelaksanakan  model  pembelajaran  TGT  ini  menunjukan  hasil  persentase  ketuntutan  kelas    ini  dapat  dilihat  pada  lampiran.

 

        d.  Refleksi

Dari  hasil  pengamatan  mengenai  diskusi  kelompok    terlihat  kurangnya  kerja  sama  dari  setiap  anggota  kelompok,peneliti  dan  guru  observer  menyimpulkan  bahwa  hal  ini  dikarenakan  ada  beberapa  anggota  yang  kurang  bersemangat  dalam  belajar,hal  ini  ditunjukan  dengan  hasil  angket  motivasi  belajar  sebagai  berikut.

        Hasil  angket  motovasi  belajar  siswa  pada  siklus  I  menunjukan  bahwa  motivasi  siswa  dengan  criteria  sangat  baik  sebesar  9,2%kriteria  baik  sebesar  30,30%  ,criteria  cukup  baik  sebesar  35,50%  dan  criteria  kurang  baik  25%.  Hal  ini  menunjukan  sebanyak  75%  siswa  dikelas  VII  mempunyai  motivasi  meskipun  motivasi  yang  paling  rendah  hanya  cukup  baik.

        Dari  hasil  pengamatan  mengenai  kegiatan  permainan,terlihat  beberapa  siswa  masih  belum  paham  peraturan-peraturan  (langkah-langkah)  permainan,oleh  sebab  itulah  pada  siklus  II  guru  memberi  penjelasan  secara  terinci  mengenai  langah-langkah  permainannya,  dan  guru  lebih  berperan  sebagai  motivator  baik  dalam  diskusi,kelompok  maupun  dalam  kegiatan  permainan.

        Dari  hasil  evaluasi  pada  siklus  I  menunjukan  bahwa  persentase  ketuntasan  kelas  mencapai  75%  dengan  criteria  ketuntasan  minimal  ditetapkan  oleh  guru  mata  pelajaran  sebesar  75,00.

Siklus  II

Kegiatan  pembelajaran  pada  silklus  II  dilaksanakan  sebanyak  tiga  kali  pertemuandan  setiap  pertemuan  berlangsung  sebanyak  2jam  pelajaran  (2x40  menit).

a.        Perencanaan  dan  Persiapan  Tindakan 

Perencanaan  dan  Persiapan  Tindakan  yang  dilakukan  peneliti  meliputi:

1).  Menyusun  Rencana  Pelaksanaan  Pembelajaran(  RPP  )dengan  revisi  sesuai    refleksi  siklus  I  pada  materi  persegi.

2).  Menyiapkan  Langkah-langkah  pada  model  pembelajaran  TGT

3).  Menyiapkan  Lembar  Obsevasi  pembelajaran

4).  Menyiapkan  LKPD

5).  Menyiapkan  Kartu  soal  untuk  Tournamen

6).  Menyiapkan  Blangko  nilai  pada  setiap  meja  kelompok  dan  blangko  nilai    kelompok.

b.       Pelaksanaan  Tindakan

Kegiatan  pelaksanaan  pembelajaran  pada  siklus  I  ini  dilaksanakan  satu  kali  pertemuan  dengan  langkah-langkah  yaitu  :

1).  Guru  menjelaskan  materi  tentang  persegi

2).  Siswa  membentuk  kelompok  belajar  dan  berdiskusi

3).  Permainan  (  Game  tournament  )

4).  Penghargaan  kepada  kelompok

Pada  tahap  ini,kegiatan  pembelajaran  dimulai  dengan  menjelaskan  materi  mengenai  persegi  dan  demonstrasi  dan  metode  Tanya  jawab.  Pada    akhir  penjelasan  guru    memberikan  kesempatan  pada  siswa  untuk  menanyakan  kembali  materi  yang  kurang  dimengerti  sebelum  kegiatan  diskusi  kelompok  dilaksanakan.

Setelah  pemberian  materi  selesai  dilaksanakan  siswa  dikelompokan  menjadi  6(enam)  kelompok  baru  yang  dibentuk  berdasarkan  tes  formatif  setelah  siklus  I  dengan  masing-masing  beranggotakan  4(empat)  orang.  Kemudian  guru  membagikan  LKPD  materi  persegi  untuk  didiskusikan  setiap  kelompok.

Setelah  diskusi  kelompok  selesai  maka  dilaksanakanlah  pertandingan  (tournament)  dengan  langkah-langkah  (Peraturan)  sebagai  berikut  :

1.       Setiap  anggota  kelompok  memperoleh  penomoran  1,2,3,dan  4    yang  ditentukan  oleh  guru.penomoran  ini  kemudian  digunakan  untuk  menentukan  anggota  Tim  tersebut      bermain  pada    meja  tournament  ke  berapa.  Misal  pada  kelompok  A,salah  satu    anggota  yang  bernama  Afrian  diberi  nomor  satu  oleh  guru,ini  berarti  Afrian  akan      bermain  pada  meja  tournament  1,taromi  yang  di  nomor  2  berarti  akan  bermain  pada  meja  tournament  2,  Demikian  seterusnya.

2.       Kelompok  lain  juga  demikian,  diberi  penomoran  oleh  guru,sehingga  semua  anggota  Tim  yang  memperoleh  nomor  1,bermain  dimeja  tournament  1,  yang  memperoleh  nomor  2  akan  bermain  dimeja  tournament  2,  dan  seterusnya.

3.       Setiap  meja  tournament  terdiri  dari  6  orang  yang  merupakan  wakil  dari  kelompoknya  masing-masing.  Dalam  setiap  meja  permainan  diusahakan  agar  tidak  ada  peserta  yang  berasal  dari  kelompok  yang  sama.

4.       Setiap  pemain  dalam  tiap  meja  menentukan  dulu  pembaca  soal  dan  pemain  yang    pertama  dengan  cara  undian.  Kemudian  pemain  yang  menang  undian  mengambil  kartu  undian  yang  berisi  nomor    soal  dan  diberikan  kepada  pembaca    soal.  untuk  variasi,soal  dapat  diacak  lebih  dahulu  oleh  pembaca  soal.  Pembaca  soal  akan    membacakan  soal  sesuai  dengan  nomor  undian  yang  diambil  oleh  para  pemain.  Selanjutnya  dikerjakan  secara  mandiri  oleh  pemain  dan  penantang  sesuai  dengan    waktu  yang  telah  ditentukan  dalam  soal.

5.       Setelah  waktu  untuk  mengerjakan  soal  selesai,  maka  pemain  akan  membacakan  hasil    pekerjaanya  yang  akan  ditanggapi  oleh  penantang  searah  jarum  jam.  Setelah  itu  pembaca  soal  akan  membuka  kunci  jawaban  dan  skor  hanya  diberikan  kepada  pemain  yang  menjawab    benar  atau  penantang  yang  pertama  kali  memberikan  jawaban  benar.

6.       Jika  semua    pemain  menjawab  salah  maka  kartu  dibiarkan  saja.  Permainan  dilanjutkan  pada  kartu  soal  berikutnya  sampai  semua  kartu  soal  habis  dibacakan,  dimana  posisi  pemain  diputar  searah  jarum  jam  agar  setiap  peserta  dalam  satu  meja  turnamen  dapat  berperan  sebagai  pembaca  soal  ,pemain  dan  penantang.(Disini  permaianan  dapat  dilakukan  berkali-kali  dengan      syarat  bahwa  setiap  peserta  harus  mempunyai  kesempatan  yang  sama  sebagai  pemain,penantang  dan  pembaca  soal)

7.       Setelah  semua  kartu  selesai  terjawab  atau  karena  waktu  habis,setiap  pemain  dalam  satu  meja  menghitung  jumlah  kartu  yang  diperoleh  dan  menentukan  berapa  skor  yang  diperoleh  berdasarkan  tabel  yang  telah  disediakan.

8.       Selanjutnya  setiap  pemain  kembali  kepada  kelompok  asalnya.

                Setelah  pertandingan  berakhir  dilakukan  penghitungan  skor  kelompok  untuk  memberikan  penghargaan  kelompok.

c.        Pengamatan 

Pelaksanaan  pengamatan    proses  pembelajaran  pada  siklus  ini,siswa  sebagian  besar  antusias  mengikuti  pembelajaran,hal  ini  terlihat  dari  banyak  nya  siswa  yang  menanggapi  setiap  pertanyaan  yang  diajukan  oleh  guru  mengenai  materi  yang  diajarkan  yaitu  materi  persegi.

Dalam  diskusi  kelompok  yang  terlihat  lebih  aktif  kerja  sama  dari  setiap  anggota  kelompok  dibandingkan  dengan  siklus  1.  Dalam  kegiatan  pertandingan  (tournament)  siswa  kelihatan  aktif  dan  antusias  dalam  menjawab  pertanyaan.  Setiap  anggota  dari  masing-masing  kelompok  sudah  memahami  betul  dari  permainan  nya,hal  ini  dibuktikan  lancarnya  jalanya  permainan  tersebut.

Pada  akhir  siklus  guru  membagikan  angket  pada  siswa  untuk  mengungkap  motivasi  belajar  matematika  siswa    terhadap  tindakan  yang  diberikan.Hasil  angket  menujukakan  bahwa  83  %  siswa  kelas  VII  mengalami  peningkatan  motivasi.

Hasil  evaluasi  yang  diperoleh  oleh  siswa  setelah  pelaksanaan  model  pembelajaran  TGT  ini  menunjukan  presentase  ketuntasan  kelas  sebesar  79%.

d.       Refleksi

Dari  hasil  pengamatan  dalam  pelaksanaan  model  pembelajaran  TGT,waktu  yang  tersedia  tidak  cukup,hanya  sampai  pada  kegiatan  permainan,pada  kegiatan  pemberian  penghargaan  tidak  sempat  dilaksanakan,hal  ini  karena  waktu  pembelajaran  pada  bulan  ramadhan  dipersingkat,  sehingga  peneliti  dan  guru  pamong  menyepakati  untuk  terpenuhinya  waktu  dalam  pelaksanaan  model  pembelajaran  TGT  pada  siklus  III,  maka  pelaksanaan  nya  dirancang  dua  pertemuan,  pertemuan  pertama  menjelaskan  materi  dan  diskusi  kelopmpok,  sedangkan  pertemuan  kedua  kegiatan  permainan  (tournament)  dan  pemberian  penghargaan.

        Dari  hasil    evaluasi  yang  menunjukan  persentase  ketuntasan  kelas  mencapai  79%  ini  menunukkan  bahwa  adanya  peningkatan  persentasi  belajar  siswa  dari  siklus  I  ke  siklus  II.

Siklus  III

Kegiatan  pada  siklus  III  dilaksanakan  sebanyak  1  kali  pertemuan  selama  2  jam  pelajaran  (2x40  menit).

 

a.        Perencanaan  dan  Persiapan  Tindakan

Perencanaan  dan  persiapan    tindakan  yang  dilakukan  peneliti  meliputi  :

1).  Menyusun  Rencana  Pelaksanaan  (RPP)  dengan  revisi  sesuai  refleksi    siklus  I  pada    materi  jajaran  genjang

2).  Menyiapkan  Langkah-langkah  pada  model  pembelajaran  TGT

3).  Menyiapkan  lembar  observasi  pembelajaran 

4).  Menyiapkan  LKPD

5).  Menyiapkan  kartu  soal  untuk  tournament

6).  Menyiapkan  blangko  nilai  pada  setiap  meja  kelompok  dan  blangko    nilai    kelompok.

b.       Pelaksanaan  Tindakan

Kegiatan    Pelaksanaan  Pembelajaran  pada  siklus  III  ini  dilaksanakan  tiga  kali  pertemuan  dengan  langkah-langkah  yaitu  :

1).  Guru  menjelaskan  materi  tentang  jajar  genjang

2).  Siswa  membentuk  kelompok  belajardan  berdiskusi

3).  Permainan  (Game  tournament)

4).  Penghargaan  kepada  kelompok

        Pada  tahap  ini,  kegiatan  pembelajaran  dimulai  dengan  menjelaskan  materi  jajargenjang    dengan  metode  demonstrasi  dan  Tanya  jawab.  Pada  akhir  penjelasan  guru  memberikan  kesempatan  kepada  siswa  untuk  menanyakan  kembali  materi  yang    kurang  dimengerti  sebelum  kegiatan  diskusi  kelompok  dilaksanakan.

        Setelah  pemberian  materi  selesai  dilaksanakan  siswa  dikelompokan  menjadi  6(enam)  kelompok    seperti  pada  siklus  II  kemudian  guru  membagikan  LKPD  materi  jajargenjang  untuk  didiskusikan  setiap  kelompok.

        Setelah  diskusi  kelompok  selesai  maka  dilaksanakanlah  pertandingan(tournament)  dengan  langkah-langkah  (peraturan)  yang  sama  seperti  pada  siklus  I  maupun  II.

        Setelah    pertandingan  berakhir  dilakukan  perhitungan  skor  kelompok.  Adapun    penghargaan  kelompok  dengan  criteria    seperti  tabel  2.

c.        Pengamatan

Pelaksanaan  pengamatan  proses  pembelajaran  pada  siklus  ini,siswa  sebagian  mengalami  kesulitan  memahami  materi  yang  di  ajarkan  yaitu  jajargenjang,hal  ini  terlihat  dari  banyaknya  siswa  yang  bertanya  cara  mengerjakan  soal  yang  dihadapi  dengan  gurunya  dalam  kegiatan  diskusi  kelompok.

Pada  akhir  siklus  guru  membagikan  angket  kepada  siswa  untuk  mengungkap  motivasi  belajar  matematika  siswa  terhadap  tindakan  yang  diberikan.

Hasil    evaluasi  yang  diperoleh  oleh  siswa  setelah  pelaksanaan  model  pembelajaran  TGT  ini  menunjukan  hasil  persentase  ketuntasan  meningkat  dari  siklus  sebelumnya.

d.       Refleksi

Hasil  angket  motivasi  belajar  siswa  pada  siklus  III  menunjukan  adanya  motivasi  siswa  dengan  criteria  sangat  baik  sebesar  13,10%,criteria  baik  sebesar  35,40%,  criteria  cukup  baik  sebesar  41,50%,  dan  criteria  kurang  baik  10%.  Hal  ini  menunjukan  sebanyak  90%  siswa  dikelas  VII  mempunyai  motivasi  meskipun  motivasi  yang  paling  rendah  hanya  cukup  baik.

Dari  hasil  evaluasi  yang  menunjukan  hasil  bahwa  persentase  ketuntasan  kelas  mencapai  86%,  dengan  demikian  terjadi  peningkatan  motivasi  maupun  prestasi  siswa  dari  siklus  I  sampai  siklus  III.

Pembahasan

Selama  Kegiatan  berlangsung  peneliti  mendapatkan  beberapa  kajian  penting  yang  dianggap  dapat  mempengaruhi  penelitian  antara  lain  :

1.       Permainan  dalam  TGT  ini  dapat  menimbulkan  antusias  dan  semangat  bagi  siswa.

Pada  saat  permainan  para  pemain  pada  setiap  meja  turnamen  yang  merupakan  wakil  dari  kelompok  terlihat  bersemangat  untuk  mampu  menjawab  pertanyaan  yang  dibacakan,bahkan  sebelum  pemain  yang  gilirannya  menjawab,  ada  penantang  yang  segera  ingin  menjawab.

2.       Persentase  ketuntasan  kelas  dari  setiap  siklus  mengalami  kenaikan.

Pada  siklus  I  dengan  materi  persegi  panjang  persentase  ketuntasan  kelas  mencapai  75%.  Padasiklus  II  dengan  materi  persegi  persentase  ketuntasan  kelas  mencapai  79%.  Sedangkan  pada  siklus  III  dengan  materi  jajar  genjang  persentase  ketuntasan  kelas  mencapai    86%  dengan  criteria    ketuntasan  minimal  ditetapkan  oleh  guru  mata  pelajaran  yaitu  75,00.

 

PENUTUP

Kesimpulan

Kesimpulan  yang  dapat  ditarik  dari  hasil  penelitian  tindakan  kelas  (PTK)  ini  adalah  Hasil  tes  yang  dilaksanakan  setiap  siklus  mengalami  kenaikan.  Pada  siklus  I  persentase  ketuntasan  kelas  75%    ini  meningkat  pada  siklus  II  menjadi  79%  demikian  juga  pada  siklus  III  persentase  ketuntasan  kelas    mencapai  86%  dengan  criteria  ketuntasan  minimal  ditetapkan  oleh  guru  mata  pelajaran  yaitu  75,00.

 

Saran

Beberapa  saran  yang  dapat  diberikan  dari  hasil  penelitian  tindakan  kelas  ini  adalah  sebagai  berikut  :

1.        Penerapan  model  pembelajaran  dengan  tipe  Team  Game  Tournament  sebagai  salah  satu  alternative  model  pembelajaran  bagi  guru  yang  dapat  memotivasi  belajar  matematika.

2.         Tournament  /  permainan    dalam  model  pembelajaran  TGT,  hendaknya    dirancang  sedemikian  ruma  sehingga  siswa  lebih  tertarik  lagi  dan  dapat  meningkatkan  motivasi  pada  diri  siswa  yang  pada  akhirnya  dapat  meningkatkan  prestasi.

 

DAFTAR  PUSTAKA

                  Haryono,  Moh.  (2007).  Penggunaan  Variasi  Metode  Belajar  untuk  Membangkitkan  Motivasi  Belajar  Matematika.  Widyatama,  Vol.  4. 

                   Purwanto,  Ngalim.  (1996).  Psikologi  Pendidikan.  Bandung.  PT.  Remaja  Rosdakarya.

                  Sudijono,  A.  (2005).  Pengantar  Statistika  Pendidikan.  PT  Raja  Grafindo.  Jakarta

                   Suhadi.  (2006).  Meningkatkan  Minat  dan  Motivasi  Belajar  Siswa  Kelas  II  SMPN  4  Danau  Panggang  melalui  Model  Pembelajaran  Kooperatif  Tipe  TGT  (Teams  Games  Tournaments).  http://Suhadinet.wordpress.com.  Diakses  pada  tanggal  15  Agustus  2008.

                   Suhadi.  (2008).  Model  Pembelajaran  Kooperatif  tipe  TGT  (Teams  Games  Tournaments).  http://Suhadinet.wordpress.com.  Diakses  pada  tanggal  15  Agustus  2008.

                   Sumanto,  Wasty.  (1984).  Psikologi  Pendidikan  (Landasan  Kerja  Pemimpin  Pendidikan.  Yogya.  Yayasan  Paramita.

                   Sutikno,  Sobry.  (2007).  Menggagas  Pembelajaran  Efektif  dan  Bermakna.  Bandung.  NTP  Press.

                   Trianto,Drs.  (2007).  Model-model  Pembelajaran  Inovatif  Berorientasi  Konstruktivistik.

                    Surabaya.prestasi  Pustaka.

                   Wardono.  (2005).  Penerapan  Pembelajaran  Kooperatif  Jigsaw  dan  TGT  (  Teams  Games  Tournament)  untuk  Meningkatkan  Hasil  Belajar  Matematika  pada  siswa  SMP.  (  Laporan  PTK  ).Semarang.

                   Winkel,W.S.  (1991).Psikologi  Pendidikan  dan  Evaluasi  Belajar.Jakarta.PT.Gramedia.

TerPopuler